Senin, 30 Desember 2013

Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi

Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi 




        Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat terkenal  pada saat ini. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman-temannya sesama mahasiswa di Universitas Harvard. Dirilis pada tahun 2004, dimana tujuan awal pembuatan situs ini hanyalah untuk digunakan mahasiswa Harvard saja dan kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston. Hingga pada akhirnya Facebook  berkembang dengan pesat untuk digunakan secara umum dan menyebar ke penjuru dunia.
Facebook mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2006, dengan jumlah pengguna yang  terus bertambah. Data terakhir pada tahun 2013 menunjukkan di Indonesia barada di peringkat ke-4 sebagai pengguna Facebook terbesar diunia. Menurut data dari Webershandwick ada 65 juta pengguna aktif  dan 33 juta pengguna aktif per harinya. Kemudian menurut APJII pada tahun 2012 lalu, pengguna Facebook didominasi oleh kalangan usia 12-34 tahun.
Saat ini Facebook tidak hanya sekedar menjadi situs jejaring sosial dan pertemanan. Banyak pihak yang memanfaatkan Facebook sebagai strategi bisnis baru. Bahkan, pebisnis mampu mendongkrak omzet bisnisnya melalui situs ini.
Banyak pengusaha kecil memanfaatkan Facebook untuk memulai usahanya.  Mereka menawarkan produk ke pengguna Facebook lain atau dengan menggunakan fasilitas membuat group. Tak ketinggalan, pengusaha yang sudah mapan pun juga menggunakan Facebook. Akibatnya, biaya promosi produk bisa dipangkas.
Sebagai pengguna aktif , tentunya akan mubazir jika tidak mengoptimalkan Facebook ini sebagai salah satu lahan untuk mencari uang.  Banyak mahasiswa atau pelajar yang mulai meluangkan waktunya untuk mencari tambahan uang jajan dengan berjualan di Facebook. Dengan sedikit modal yang mereka miliki atau sekadar menjadi reseller, produkpun siap di promosikan.
Berbagai cara yang dapat dilakukan dalam mempromosikan produk yang akan dijual, tentunya dengan menggunakan fasilitas yang disediakan Facebook. Para pemula biasanya memposting katalog dan keterangan produk di profil pribadi  atau share ke group komunitas yang sesuai dengan jenis produk. Sedangkan untuk para pengusaha besar biasanya meggunakan fasilitas Fanpage untuk mempromosikan produk mereka, dimana Fanpage tersebut dikelola oleh seorang admin yang dibayar untuk bekerja.







Keuntungan berpromosi lewat Facebook cukup banyak dan dapat membantu dalam meningkatkan omzet penjualan. Hal itu dikarenakan kemudahan yang didapat pengguna dalam bertransaksi dan pengiriman barang. Dengan hanya melihat produk lewat foto lalu membayar dengan mentransfer uang,  produk pun siap dikirim menggunakan jasa kurir. Itupun dengan memperhatikan profil dan kepercayaan penjual agar tehindar dari penipuan.
Dengan demikian, di jaman yang makin berkembang ini banyak sekali cara dan tradisi baru bermunculan. Salah satunya adalah dalam marketing bisnis, baik pengusaha besar maupun pemula memanfaatkannya. Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang digunakan sebagai media baru dalam berpromosi. Banyak sosial media lainnya yang juga menjadi bahan dalam mencari uang. Tergantung kita para pengguna dalam mengopimalkannya.




 Sumber : 
Merdeka.com,  kompas.com , ciputraentrepreneurship.com
               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar