Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi
Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat terkenal
pada saat ini. Facebook didirikan oleh
Mark Zuckerberg bersama teman-temannya sesama mahasiswa di Universitas Harvard.
Dirilis pada tahun 2004, dimana tujuan awal pembuatan situs ini hanyalah untuk
digunakan mahasiswa Harvard saja dan kemudian diperluas ke perguruan lain di
Boston. Hingga pada akhirnya Facebook
berkembang dengan pesat untuk digunakan secara umum dan menyebar ke
penjuru dunia.
Facebook mulai masuk ke Indonesia
pada tahun 2006, dengan jumlah pengguna yang
terus bertambah. Data terakhir pada tahun 2013 menunjukkan di Indonesia
barada di peringkat ke-4 sebagai pengguna Facebook terbesar diunia. Menurut
data dari Webershandwick ada 65 juta pengguna aktif dan 33 juta pengguna aktif per harinya. Kemudian
menurut APJII pada tahun 2012 lalu, pengguna Facebook didominasi oleh kalangan
usia 12-34 tahun.
Saat ini Facebook tidak hanya
sekedar menjadi situs jejaring sosial dan pertemanan. Banyak pihak yang
memanfaatkan Facebook sebagai strategi bisnis baru. Bahkan, pebisnis mampu
mendongkrak omzet bisnisnya melalui situs ini.
Banyak pengusaha kecil
memanfaatkan Facebook untuk memulai usahanya.
Mereka menawarkan produk ke pengguna Facebook lain atau dengan
menggunakan fasilitas membuat group. Tak ketinggalan, pengusaha yang sudah
mapan pun juga menggunakan Facebook. Akibatnya, biaya promosi produk bisa
dipangkas.
Sebagai pengguna aktif , tentunya
akan mubazir jika tidak mengoptimalkan Facebook ini sebagai salah satu lahan
untuk mencari uang. Banyak mahasiswa
atau pelajar yang mulai meluangkan waktunya untuk mencari tambahan uang jajan
dengan berjualan di Facebook. Dengan sedikit modal yang mereka miliki atau sekadar
menjadi reseller, produkpun siap di promosikan.
Berbagai cara yang dapat
dilakukan dalam mempromosikan produk yang akan dijual, tentunya dengan
menggunakan fasilitas yang disediakan Facebook. Para pemula biasanya memposting
katalog dan keterangan produk di profil pribadi
atau share ke group komunitas yang sesuai dengan jenis produk. Sedangkan
untuk para pengusaha besar biasanya meggunakan fasilitas Fanpage untuk
mempromosikan produk mereka, dimana Fanpage tersebut dikelola oleh seorang
admin yang dibayar untuk bekerja.
Keuntungan berpromosi lewat
Facebook cukup banyak dan dapat membantu dalam meningkatkan omzet penjualan.
Hal itu dikarenakan kemudahan yang didapat pengguna dalam bertransaksi dan
pengiriman barang. Dengan hanya melihat produk lewat foto lalu membayar dengan
mentransfer uang, produk pun siap
dikirim menggunakan jasa kurir. Itupun dengan memperhatikan profil dan
kepercayaan penjual agar tehindar dari penipuan.
Dengan demikian, di jaman yang
makin berkembang ini banyak sekali cara dan tradisi baru bermunculan. Salah
satunya adalah dalam marketing bisnis, baik pengusaha besar maupun pemula
memanfaatkannya. Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang digunakan
sebagai media baru dalam berpromosi. Banyak sosial media lainnya yang juga
menjadi bahan dalam mencari uang. Tergantung kita para pengguna dalam
mengopimalkannya.
Sumber :
Merdeka.com, kompas.com , ciputraentrepreneurship.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar