Sabtu, 07 Juni 2014

Analisis Interaksi Website E-Commerce TOKOPEDIA.COM



Tokopedia.com adalah salah satu website E-commerce terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia.
Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari kustomer-ke-kustomer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan)

PERILAKU NAVIGASI

Navigasi Web adalah bagian dari situs Web yang berguna untuk memandu pengunjung menjelajahi isi situs dan menghantarkan pengunjung pada isi yang mereka cari. Dengan begitu pengujung web dapat dengan nyaman meng-explore isi di dalam suatu web.

Posisi Navigasi 

Posisi sebuah navigasi ternyata turut menentukan sukses atau tidaknya sebuah navigasi. Pada posisi yang tepat, sebuah navigasi dapat membuat pengunjung lebih mudah menelusuri situs Web.



- Top Navigation (Navigasi di atas)




Pada tokopedia.com navigasi di bagian atas terdapat menu pencarian , login , sign in , dan menu untuk mengirim pesan ke tokopedia.com. Menu pencarian ini cukup tepat di letakkan dibagian atas, sehingga memudahkan pengunjung yang ingin mencari sesuatu di tokopedia.com. Menu login dan sign ini berfungsi untuk pengunjung yang ingin mendaftar ke tokopedia ataupun pengunjung yang sudah terdaftar, sehingga member dari tokopedia.com.  Selain itu , di pojok kiri web terdapat logo dari tokopedia.com, dimana logo ini akan selalu terletak di posisi itu walaupun pengunjung berada di site-site lain di tokopedia dan apabila di klik, pengunjung akan di arahkan ke halaman awal tokopedia.


- Center Navigation ( Navigasi di tengah )
Pada bagian tengah tokopedia.com daftar kategori-kategori yang dapat dipilih pengunjung untuk menuju kategori tertentu. Sehingga memudahkan  pengunjung dalam dalam mencari produk/barang yang mereka ingin beli di tokopedia .
Selain itu , di bagian tengah (dibawah kategori)  terdapat daftar produk-produk yang sedang popular di tokopedia. Daftar produk ini di buat dalam bentuk listing,yang berguna untuk menginformasikan pengunjung tentang produk terpopuler saat itu.’


-  Bottom Navigation (Navigasi di bawah )
Di navigasi bagian bawah berisi link-link tentang informasi umum yang terdapat di tokopedia, seperti : cara belanja, cara berjualan, karir, kritik& saran. Navigasi ini sangat berguna bagi pemula dalam mempelajari tokopedia.com, sehingga pengunjung tersebut akan terpandu.  











PERILAKU PENCARIAN


Fitur pencarian pada tokopedia.com ini terdapat di bagian atas website. Posisi ini cukup strategis, karena memudahkan penunjung untuk menggunakan fitur ini pada saat masuk ke web. Pengunjung dapat mengetikkan keyword  di kolom input text.
Kemudian di samping kolom input text pencarian,terdapat menu dropdown yang berisi pilihan kategori. Dimana pada saat mencari, kolom input dan menu dropdown ini akan digabungkan. Sehingga pencarian akan ter-filter sesuai dengan kategori  yang dipilih.

DAMPAK PERILAKU SOSIAL

Di tokopedia.com penjual dan pembeli dapat saling berinteraksi, baik dengan menggunakan fitur mengirim pesan privat, diskusi produk , maupun ulasan.
Pesan privat biasanya digunakan untuk menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan data si penjual, misalnya alamat. Lalu diskusi produk , fitur ini terdapat pada suatu pruduk yang dijual, biasanya pembeli yang memulai perbincangan dengan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan produk , misalnya tentang stok barang tersebut.  Kemudian fitur ulasan, biasanya digunakan pembeli setelah membeli  suatu produk dari penjual , berguna untuk memberikan ulasan tentang penjual  baik tentang produk maupun pelayanan si penjual.
Dengan demikian, walaupun tokopedia.com ini adalah website e-commerce namun di dalamnya terdapat fitur untuk bersosial.


DAMPAK PERILAKU EKONOMI

Karena website tokopedia.com ini berbasis e-commerce sehingga banyak sekali kegiatan ekonomi yang terjadi,baik dari tokopedia sendiri maupun pengujung terdaftar.
Tokopedia sendiri memiliki pendapatan yang bersumber dari iklan dan akun berbayar (gold merchant). Gold merchant adalah fitur-fitur tertentu yang memiliki kelebihan dari akun lainnya yang dapat digunakan oleh member yang membayar untuk menggunakan fitur ini.
Bagi Penjual atau member tokopedia yang menjual suatu produk. Penjual ini sangat merasakan manfaatnya, karena pengunjung website tokopedia ini hanya melakukan 2 aktivitas,  jual dan  beli. Hanya dengan memasang foto produk dan deskripsi, iklanpun terpasang di tokopedia.

Untuk pembeli, dengan menggunakan web tokopedia beserta fitur-fitur yang terdapat di dalamnya, memudahkan pembeli untuk mencari produk atau barang yang akan dan sedang mereka butuhkan. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar